Label

Cara Menanam Pohon Apel Dari Biji


Cara Menanam Pohon Apel Dari Biji

Cara Menanam Pohon Apel Dari Biji
Infobuahapel - Apel adalah jenis buah-buahan yang sehat, Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika telah masak. Namun bisa juga kulitnya berwarna hijau dan kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras dan juga memiliki beberapa biji di dalam dagingnya.

Kini apel telah berkembang di daerah yang bersuhu udaranya lebih dingin. Apel adalah merupakan tanaman dikotil dengan buah tahunan yang berasal dari daerah asia barat iklim subtropis. Dan di negara indonesia telah di tanam semenjak tahun 1934 hingga saat ini.

Buah apel banyak mengandung vitamin B dan juga vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Selain dikonsumsi dalam bentuk buah segar, sekarang ini buah apel sudah dikembangkan pengolahannya menjadi bermacam-macam bentuk seperti kripik apel, sirup apel, dodol apel, dan lain-lain. Karena itu Budidaya Apel bisa dimanfaatkan sebagai suatu usaha yang sangat menguntungkan. Di Indonesia sendiri Budidaya Apel sudah banyak diminati, di Malang (Batu dan Poncokusumo) dan Pasuruan (Nongkojajar), Jatim terutama dalam pembuatan cuka apel di kota-kota terkenal.

Persiapan Bibit
Salah satu hal penting dalam Budidaya Apel adalah persiapan benih/bibit. Pembibitan seringkali dilakukan tidak dengan cara generatif (biji) melainkan dengan cara vegetatif yaitu okulasi, sambungan, dan stek.
Bibit dipilih dari tanaman apel liar yang memiliki pohon kokoh dan perakaran luas dan kuat. Mata tunas diambil dari batang tanaman yang sehat dan memiliki sifat-sifat unggul.

Syarat Tumbuh
1. Iklim
Curah hujan yang ideal adalah (1.000-2.600 mm/Tahun Dengan hari hujan 110-150 hari/tahun). Dalam setahun banyaknya bulan basah atau hujan adalah 6-7 bulan dan bulan kering 3-4 bulan. Curah hujan yang tinggi pada saat berbunga akan menyebabkan bunga gugur sehingga tidak dapat menjadi buah.
2. Tanaman Apel membutuhkan cahaya matahari yang cukup antara (50-60%) di setiap harinya. Terutama pada saat Pembungaan.
3. Suhu yang sesuai berkisar antara (16-27Derajat C).
4. Kelembaban udara yang di kehendaki atau di butuhkan tanaman Apel sekitar (75-85%).

Menyemai biji apel
Sudah beberapa kali saya berhasil menyemaikan biji apel. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Beli pot, ukuran bebas, tergantung dana dan jumlah biji apel yang akan disemaikan. Saya pakai ukuran 15 cm, bisa menampung 5 pohon kecil.
2. Beli cocopeat sebagai media tanam sesuai ukuran pot.
3. Beli apel yang berkulit kuning kemerahan, biasanya dari Cina. Apel jenis lain silahkan dicoba.
4. Diamkan apel di lemari pendingin sampai kulitnya agak keriput.
5. Siapkan pot dan cocopeat. Siram hingga basah.
6. Buka apel (boleh dimakan juga). Apel jangan dibelah dengan pisau supaya biji aman.
7. Keluarkan biji, hati-hati kadang-kadang sudah ada yang tumbuh kecambahnya.
8. Segera tanam di dalam cocopeat dengan jarak 5 cm antar biji dan kedalaman 5 cm.
9. Simpan di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.
Apel akan tumbuh dalam beberapa hari. Tetap simpan di tempat teduh. Jangan lupa disiram sedikit saja. Selamat mencoba.

Penyiapan Lahan
Penyiapan lahan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan zat-zat bagi tanaman. Campur tanah dengan pupuk kandang, sehingga tanaman apel akan mendapat nutrisi yang baik. Bila pH tanah terlalu asam atau kurang dari 6, sebaiknya lakukan pengapuran.
* Bentuk bedengan untuk tempat menanam bibit apel.
* Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah.

Penanaman Apel
* Jarak tanam antar satu tanaman apel ke tanaman yang lain harus diatur. Jarak tanam ini tergantung varietas apel yang akan dibudidayakan, namun rata-rata jaraknya berkisar antara 2-3 meter.
* Bila bibit sudah dimasukkan ke dalam lubang-lubang tanah/lahan, padatkan tanah di sekitar bibit agar bibit apel tidak goyah dan bisa tumbuh dengan baik.

Perawatan Tanaman
Bila bibit-bibit apel sudah tertanam di lahan, hal yang dilakukan selanjutnya adalah merawat tanaman-tanaman apel tersebut. Lakukan pemupukan dan penyiraman tanaman secara teratur agar apel bisa tumbuh dengan baik.
Selain itu, pemangkasan tanaman apel juga perlu dilakukan apabila memang terdapat beberapa dahan atau pucuk pohon yang kurang produktif. Untuk menghindari serangan hama dan penyakit pada tanaman apel, lakukan penyemprotan pestisida.

Sekian artikel mengenai Cara Menanam Pohon Apel Dari Biji. tapi jangan lupa membaca manfaat apel hijau bagi kesehatan

0 Response to "Cara Menanam Pohon Apel Dari Biji"

Posting Komentar